Edukasi sejarah Sendang Kamandanu dan Petilasan Sri Aji Joyoboyo


     Hai balik lagi nih aku,daripada bingung mau ngapain mending baca postingan blog aku.Disini aku akan ngasih informasi tentang tempat wisata yang wajib kalian coba dan kunjungi saat liburan.Jika ingin berkunjung ke suatu tempat wisata yang berbeda,kalian dapat mencoba tempat yang satu ini.Karena tempat ini dapat memberikan nilai sejarah tersendiri untuk menghargai para leluhur kita.Coba saja untuk berwisata ke Sendang Tirta Kamandanu...

SEJARAH
     Lazimnya bangunan kerajaan pada umumnya dilengkapi dengan patirtan yang pada masanya difungsikan sebagai kaputren atau tempat bermain raja.Sendang ini di percaya masyarakat sebagai tempat dimana Raja Kediri Prabu Sri Aji Joyoboyo untuk melakukan penyucian sebelum muksa ke alam baka.
     Tidak diketahui persis penemuan sendang ini,namun saat ini sendang ini menjadi lokasi wisata di Kediri.Karena lokasinya juga yang satu komplek dengan Pamuksaan Sri Aji Joyoboyo.Di desa Menang sendiri diyakini bahwa memiliki daya magis yang kuat.

     Konon nama JOYOBOYO sendiri diartikan bahwa ‘’Yen pengen Joyo ing Pamenang” artinya kalau pengen jaya mulai di Pamenang.”Yen pengen ngilangi beboyo ing Pamenang” artinya kalau pengen menghilangkan marabahaya di Pamenang.

     Mitos disini juga menyebutkan bahwa,apabila ada orang yang mandi di sendang dipercayai dapat menaikkan derajat seseorang serta memperlancar urusan dalam pekerjaan.Juga dapat menjadikan orang tersebut awet muda .Konon juga ada yang meyakini apabila meminum air di sendang dapat menyembuhkan segala penyakit.Di luar faktor mistisnya yang membuat air disekelilingnya berdiri pohon yang dapat dikatakan sumber pengobatan seperti pohon pile,adhem ati dan menkudu yang sama akarnya bersentuhan langsung dengan sumber air di Sendang Tirto Kamandanu.
LOKASI 
     Sendang Tirta Kamandanu berada di desa Menang,Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri untuk menuju ke Petilasan Sri Aji Jayabaya berada di sekitar 200 meter dari sebelah utaranya sendang

AKSESBILITAS
 
     Untuk menuju ke wisata ini,sebenarnya akses jalannya cukup mudah hanya saja tempatnya berada di tengah sawah.Jika kamu berada di arah SLG kamu dapat melalui Jalan Totok Kerot yang merupakan jalur tercepat.Atau kamu dapat melalui Jalan Bagawan Tabari dan Pamenang yang merupakan rute alternatif.Untuk selengkapnya kalian dapat melihat di Google Maps.
HARGA TIKET MASUK & PARKIR

     Tempat wisata ini tidak dipungut biaya tetapi ada sumbangan sukarela,uang sumbangan ini sendiri digunakan untuk mengelola dan merawat tempat itu sendiri.Untuk parkirnya ditarik uang sebesar Rp 5.000,- untuk kendaraan bermotor roda dua.
FASILITAS
     Ada beberapa fasilitas yang ada di sini:
·        * Area Parkir
·        * Kamar mandi
·        * Gazebo
·        * Warung makan
·        * Taman
·       * dll.
JAM BUKA 
     Sendang Tirta Kamandanu dibuka untuk umum setiap hari mulai dari pagi hari hingga malam hari.
SARAN & TIPS 
 
     Mengingat tempat ini merupakan tempat para leluhur yang wajib kita jaga,wajibnya kita untuk saling menghargai dan selalu sopan santun dimana pun berada.Juga untuk selalu membuang sampah pada tempatnya .Yang terpenting adalah untuk selalu berdoa dan memohon agar terhindar dari marabahaya.Penting juga untuk selalu mengecek kendaraan sebelum berpergian juga selalu untuk menjaga kesehatan.Penting juga untuk selalu membawa uang,bagi yang ingin mengabadikan momen bersama sanak keluarga kalian dapat membawa kamera ataupun sekedar membawa hp...
     Pesan saya untuk tujuan wisata saya kali ini adalah Jangan melupakan sejarah meskipun anda tidak mendapat manfaat darinya.Karena hal paling mudah diciptakan adalah sejarah, karena setiap detik yang berlalu kita telah membuatnya tanpa harus berusaha.


     Demikian ulasan singkat liburanku kali ini semoga dapat membantu dalam mencari refrensi liburan kalian.Jangan lupa untuk membaca postinganku lainnya,See you next week...Tertarik mengunjunginya???

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food Junction Grand Pakuwon.Tempat recomended di Surabaya Barat

Paket Outbond di Kampung Wisata Irenggolo