Wisata Edukasi Sejarah di Museum Airlangga


    Hai teman-teman kembali lagi nih,kali ini aku akan membahas tentang sejarah nih tapi bukan soal mantan lo ya(emang punya) cieh flashback.Pada penasaran kan...
    Museum Airlangga berada di Kota Kediri berada satu komplek dengan kawasan Goa Selomangleng dan Pura Penataran Agung Kilisuci.Museum ini menyandang gelar kategori museum teramai di Jawa Timur,namun kenyataanya Museum Airlangga benar-benar sepi dan hanya ramai pada hari libur seperti hari minggu.

SEJARAH MUSEUM AIRLANGGA


    Pada awalnya,Museum Airlangga berada di areal Pemandian Tirtoyoso (Kuwak).Bangunan awal museum pada zaman Belanda sangat unik.Namun,seiring berjalannya waktu kondisi museum sangat memprihatinkan.Hingga pada akhirnya,Pemkot Kediri pun tukar guling lahan dengan pihak Gudang Garam di areal Gunung Maskumambang.
    Pada tahun 1992,pembangunan Museum Airlangga telah selesai.Pengambilan nama museum pun diambil dari nama Raja Airlangga pendiri dari Kerajaan Kahuripan dan ayah dari Dewi Kilisuci yang erat hubungannya dengan legenda sejarah Goa Selomangleng.

KOLEKSI MUSEUM AIRLANGGA

 
    Koleksi Museum Airlangga sendiri termasuk banyak,ada arca,jaladwara,fragmen relief,kalamakara,prasasti,bata kuno,guci kuno,tembikar,yoni,jambang batu,makara,batu berangka tahun dan masih banyak lagi.

LOKASI

    Berada di Desa Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

AKSESBILITAS
    Bagi kalian yang ingin berkunjung ke Museum Airlangga cukuplah mudah.
> Dari Terminal Kediri,bisa naik angkot A atau yang bertuliskan Selomangleng,biaya Rp 4.000,-    Harap dicatat jam operasional angkot hanya sampai sekitar jam setengah empat sore.
> Bagi yang naik bis dari arah Surabaya maupun Nganjuk bisa turun di perempatan Sukorame,kemudian perjalanan dapat dilanjutkan dengan naik ojek atau becak
> Jika berkendara sendiri,arahkan kendaraa menuju Terminal Tamanan.Dari perempatan terminal belok ke kanan atau ke utara lalu lurus saja hingga bertemu lampu lalu lintas (perempatan Sukorame).Setelah itu,belok kiri dan terus hingga ke ujung jalan.



HARGA TIKET MASUK 
    Bagi kalian yang ingin masuk ke museum,kalian tidak usah khawatir.Karena tiket masuknya tidak merogoh kantong terlalu banyak yaitu hanya sekitar Rp 1.000,- untuk orang dewasa dan Rp 500,- untuk anak-anak.

HARI & JAM BUKA
    Museum Airlangga buka setiap hari kecuali hari jumat,untuk jam bukanya sendiri sekitar pukul 07.00-14.00.

    Bagaimana tertarik mengunjunginya?museum sesungguhnya tempat yang menyenangkan dimana pengetahuan berbaur dengan rekreasi.Jadi siapkah kalian ke museum...























Komentar

Postingan populer dari blog ini

Edukasi sejarah Sendang Kamandanu dan Petilasan Sri Aji Joyoboyo

Food Junction Grand Pakuwon.Tempat recomended di Surabaya Barat

Ikon Kediri punya Simpang Lima Gumul