Pesona Goa Selomangleng di kaki Gunung Klotok


   Goa Selomangleng merupakan objek wisata yang ada di Kota Kediri,Jawa Timur.Berada di Gunung Klotok atau sekitar 3,5 kilometer dari pusat Kota Kediri.Nama Goa Selomangleng sendiri diambil dari nama "Selo''yang berarti batu dan ''Mangleng" yang berarti miring,jadi selomangleng berarti batu yang miring dari permukaan tanah.
    Keunikan dari Goa Selomangleng adalah adanya bongkahan batu yang seolah berserakan diantara batu ada yang dipahat,dan diluar goa juga terdapat relief yang menghiasi.Suasana gelap gulita apabila ingin memasuki area goa dan pengunjung juga akan mencium aroma dupa yang cukup menyengat.

SEJARAH

    Goa Selomangleng merupakan tempat pertapaan Dewi Kilisuci putri Mahkota Raja Airlangga,konon di Goa ini putri Kilisuci menghabiskan sisa umurnya untuk bertapa agar rakyat kediri terhindar dari marabahaya,Dewi Kilisuci rela menghabiskan sisa umurnya untuk tidak menikah demi kesejahteraan masyarakat kediri.

LOKASI
    Goa Selomangleng berada di Jalan Mastrip, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.

AKSESBILITAS

    Untuk bisa menuju kawasan ini bila pengunjung datang dari Alun-alun Kota Kediri,pengunjung langsung bisa menuju ke arah barat melewati Jembatan Sungai Brantas.Lalu lurus ke arah barat menuju ke Terminal Baru,kemudian belok kanan lalu lurus sampai di Perempatan Sukorame.Setelah di perempatan kemudian belok kiri lurus menuju lokasi sekitar 2 kilometer.Akses menuju ke lokasi ini sangat mudah karena terdapat angkutan kota yang melewatinya,juga tempatnya sangat dekat dengan sekolah dan kampus.

TIKET MASUK dan BIAYA PARKIR


     Tiket masuk ke kawasan Selomangleng sebesar Rp 4.000,- untuk orang dewasa dan Rp 2.500,- untuk anak-anak.Untuk biaya parkirnya sekitar Rp 3.000,- untuk parkir sebuah motor.

FASILITAS

    Kawasan Goa Selomangleng terdapat fasilitas yang memadai seperti terdapat tempat parkir,kolam renang,museum,panggung hiburan,gazebo,kamar mandi & toilet,warung makan & minum,wahana permainan untuk anak-anak,dll.

   Demikian ulasan tentang Goa Selomangleng Bagaimana tertarik mengunjunginya???































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Edukasi sejarah Sendang Kamandanu dan Petilasan Sri Aji Joyoboyo

Food Junction Grand Pakuwon.Tempat recomended di Surabaya Barat

Ikon Kediri punya Simpang Lima Gumul