Edukasi sejarah nusantara Candi Penataran

    
Hai kawan kembali lagi nih,seminggu sudah berlalu waktunya aku ngepost di blog lagi.Untuk itu kalian jangan bosen ya buat baca postingan aku.Disini aku akan memberi informasi sedikit tentang liburanku kali ini.Mungkin ini dapat membantu kalian untuk refrensi liburan mu.

     Kali ini aku akan memposting liburanku yang ada di Kabupaten Blitar.Mungkin kalian pernah mendengar atau bahkan pernah berkunjung disini.Menurutku tempat ini merupakan wisata edukasi mengenai kehidupan kerajaan-kerajaan di masa lampau.
     Terletak di lereng barat dayanya Gunung Kelud dan berada di ketinggian 450 mdpl.Candi Penataran yang terletak di Kabupaten Blitar merupakan komplek percandian hindu terbesar di daerah Jawa Timur.
     Candi Penataran ini merupakan candi terluas dan termegah di Jawa Timur.

     Candi Penataran juga dikenal oleh kalangan luas sebagai ikon nya Kabupaten Blitar.Jadi candi ini recomended banget untuk study maupun sekedar untuk berwisata bersama orang terdekat.

LOKASI 

     Candi Penataran terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

SEJARAH

     Candi Penataran sebelumnya bernama Candi Palah dan merupakan candi hindu di Jawa Timur.Candi ini merupakan candi yang dibangun oleh Kerajaan Kediri dan dibangun pada tahun 1194 masehi oleh raja Srengga.
     Dulunya Candi Penataran berfungsi sebagai sarana upacara pemujaan hindu,tujuan upacaranya sendiri untuk menangkal bahaya dari letusan Gunung Kelud.

     Penemuan kembali Candi Penataran pada tahun 1815 oleh Sir Thomas Stamford Raffles.Di tahun 1995 Candi Penataran sempat diajukan pemerintah sebagai calon situs warisan dunia UNESCO.

AKSESBILITAS

     Untuk sampai di lokasi ini kalian dapat menempuh jarak dari pusat Kota Blitar ke utara yaitu jurusan Makam Bung Karno.Jaraknya sekitar 12 km,setelah jarak ditempuh dari Kota Blitar sekitar 10 km,
kalian ada di sekitar pasar Nglegok.Kemudian diteruskan sampai pasar Penataran kemudian belok kiri menuju ke percandian.Dari pertigaan pasar sampai ke lokasi sekitar 300 meter.



TIKET MASUK & PARKIR

     Untuk tiket masuk ke Candi Penataran tidak dipungut biaya alias free.Hanya saja untuk parkirnya di pungut biaya Rp 5.000,- untuk setiap kendaraan bermotor.

FASILITAS

     Candi Penataran memiliki fasilitas sebagai berikut:     

~Area parkir kendaraan
~Mushola
~Kamar mandi/MCK
~Tempat istirahat/Gazebo
~Warung makan
~Toko oleh-oleh,cindera mata,aksesoris


SARAN & TIPS

     Penting!Buat kalian yang akan berpergian untuk selalu menjaga kesehatan kalian,Cek kendaraan kalian sebelum berpergian,bawa obat-obatan yang mungkin diperlukan saat berkendara,ini mungkin juga sangat penting untuk mengabadikan di setiap moment liburanmu dengan berfoto/berselfi.
    
     Pada intinya sih kalian harus jaga kondisi diri dan selalu berhati-hati untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.
     Demikian ulasan liburanku kali ini mungkin dapat membantu kalian.Semoga menginspirasi dan bermanfaat untuk refrensi liburan kalian semua.Jangan lupa untuk membaca postingan yang lainnya ya😉See you next time...
    
    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Edukasi sejarah Sendang Kamandanu dan Petilasan Sri Aji Joyoboyo

Food Junction Grand Pakuwon.Tempat recomended di Surabaya Barat

Ikon Kediri punya Simpang Lima Gumul