Ikon Kediri punya Simpang Lima Gumul



     Hai-hai jumpa lagi,sudah seminggu berlalu ini waktunya aku memposting liburanku lagi.Untuk itu jangan bosen ya buat baca isi postinganku.Aku berharap semoga ini bisa membantu kalian dalam mencari referensi liburan kalian.Kita langsung ke intinya aja ya...

     Liburan minggu ini masih di dalam kota saja,tepatnya di Kediri.Disini aku akan ngasih info tentang ikon Kediri yang terkenal itu.Namanya adalah Monumen Simpang Lima Gumul atau SLG.Tempat ini merupakan salah satu objek wisata di Kediri yang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

LOKASI
     Monumen Simpang Lima Gumul berada di desa Tugu Rejo, kecamatan Ngasem, Kediri

SEJARAH
     Bangunan yang berdiri di atas tanah mencapai luas angka 37 hektar.Dengan luas bangunan 804 meter persegi dan tingginya mencapai 25 meter.Memiliki 6 lantaii dan ditumpu 3 tangga setinggi 3 meter dari lantai dasar.Uniknya,angka luas dan tinggi monumen melambangkan tanggal,bulan tahun hari jadinya Kabupaten Kediri yaitu 25 Maret 804 masehi.

     Banyak orang bilang kalo Monumen ini mirip dengan Arc de Triomphe yang terletak di Paris,Perancis.Arc de Triomphe sendiri dibangun untuk memperingati para pejuang mati pada saat revolusi Perancis dan perang Napoleon.Sedangkan Simpang Lima Gumul ini dibangun karena terinspirasi dengan Raja Jongko Joyoboyo,raja yang berkuasa pada abad 12 untuk menyatukan 5 wilayah di Kabupaten Kediri.
      Pembangunan monumen ini dimulai pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008.Monumen ini berdiri gagah di persimpangan lima jalan antara Kediri, Pare, Pagu, Wates/Pesantren dan Gurah.Tempat ini juga merupakan sentra ekonomi dan perdagangan di Kediri.Ini juga mengandung sebuah harapan yaitu majunya roda perekonomian di Kediri.
Pembangunan monumen ini dimulai pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008.Pembangunannya sendiri mencapai angka 300 milyar rupiah.

TIKET MASUK & PARKIR

     Untuk masuk ke kawasan Monumen Simpang Lima Gumul adalah tidak dipungut biaya alias gratis.Hanya saja kita dipungut biaya parkir sebesar Rp 2.000,- untuk kendaraan roda dua dan parkir mobil sebesar Rp 5.000,-

AKSESBILITAS
     Akses paling mudah untuk menuju kesini adalah melalui Kota Kediri nanti ke arah timur.Kira-kira membutuhkan waktu 10 menit.Melalui Jalan Sukarno Hatta,Katang ke arah timur lurus sampai menemukan tujuannya.Alternatif jalan lain dapat melewati RS Baptis ke arah timur lurus sampai menemukan perempatan jalan kemudian belok kiri arah ke Gogorante kemudian ikuti jalan tersebut lurus.Setelah menemukan perempatan lampu merah belok kanan arah timur sampai menemukan tujuan.Atau selengkapnya dapat melihat ke Google Maps.

KEUNIKAN
1.Awal mula SLG adalah perempatan kecil plus satu jalan setapak
2.Dimensi bangunan melambangkan hari jadi Kabupaten Kediri
3.Relief monumen terinspirasi dari Raja Jongko Joyoboyo
4.Ada 3 terowongan untuk menuju monumen

5.Terdapat banyak ruang di dalam monumen

KEGUNAAN
     Monumen ini biasanya digunakan dalam rangka sebagai tempat pagelaran seni budaya,hingga pameran produk unggulan Kabupaten Kediri.Terkadang juga digunakan dalam berbagai event yaitu event lomba seperti Jambore Nasional,Drag Race/gathering dari berbagai komunitas di Kediri.Disini juga terdapat gedung serbaguna,terminal bus antar kota,Pasar Tugu,transportasi umum,Wisata air Gumul Paradise Island yang terbaru di kawasan gumul ini adalah Taman Hijau dan taman skateboard.

     Setiap harinya kawasan ini ramai dikunjungi oleh warga lokal maupun wisatawan,baik pada saat pagi maupun malam hari.Dari mulai berjoging,bersantai maupun bercengkrama di area ini bersama sanak keluarga.

SARAN & TIPS
     Bagi kalian yang mau berpergian penting banget untuk selalu menjaga kesehatan dan mengecek kendaraan untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.Penting juga untuk selalu membawa surat-surat kendaraan lengkap.Untuk yang ingin mengabadikan momen bersama orang tercinta kalian dapat mengabadikannya melalui kamera maupun hp.Itu sedikit saran dari aku,Oh iya penting juga buat kalian yang berpergian untuk selalu membawa uang!Oh ya perasaannya juga harus dibawa,untung-untung pulang bawa cogan.Anugerah banget tuh liburanmu...

     Rugi banget bagi kalian yang datang ke Kediri kalo tidak mampir ke Kawasan Gumul yang jadi ikon Kediri satu ini.Demikian ulasan liburanku kali ini,semoga dapat membantu kalian.Jangan lupa untuk membaca postinganku lainnya ya...Tertarik mengunjunginya


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Edukasi sejarah Sendang Kamandanu dan Petilasan Sri Aji Joyoboyo

Food Junction Grand Pakuwon.Tempat recomended di Surabaya Barat